Kamis, 30 Mei 2013

Liberty Reserve Ditutup Atas Dakwaan Pencucian Uang 6 Milyar Dolar AS


Kemarin, kantor Kejaksaan AS di Manhattan mengajukan tuduhan terhadap pendiri LibertyReserve.com, sebuah perusahaan perdagangan e-mata uang online, adapun dakwaan yang dijatuhkan pada pemerintah federal klaim pengadilan Manhattan adalah "bentuk digital yang dominan dari tindak pidana pencucian uang yang digunakan oleh penjahat cyber di seluruh dunia", Situs ini ditutup pekan lalu dan diganti dengan gambar seperti di atas.

Sejak didirikan pada tahun 2006, Liberty Reserve telah diduga mendistribusikan, menyimpan, dan mencuci lebih dari 6 miliar USD, dari lebih dari satu juta pengguna yang diantaranya diasumsikan sebagai hacker, dan pencuri identitas untuk sindikat besar yang terlibat dalam narkoba, perampokan bank, pornografi anak, perjudian, perdagangan manusia , dan kegiatan ilegal lainnya.

Proses tuntutan pada Liberty Reserve akan menjadi yang terbesar dalam kasus pencucian uang internasional dalam sejarah, dan menunjukkan kedepannya bagaimana internet, dengan moneter model baru, disertai anonimitas dapat berfungsi sebagai tempat yang nyaman untuk transaksi bayangan.

Tapi bagaimana Liberty Reserve dan mata uang nya (LRS), menjadi sesuatu seperti apa digambarkan Jaksa Penuntut sebagai "Pusat Keuangan Cyber Crime Dunia"? Nah, itu dia masalahnya..

Dua terdakwa dalam kasus ini, adalah pendiri situs Arthur Budovsky, dan co-founder Vladimir Kats, mereka merupakan orang lama di dunia e-currency, dan usaha mereka telah menjadi pihak ketiga "penukar" untuk Gold Age , organisasi pencucian uang online besar lainnya yang lebih dulu berurusan dengan Departemen Kehakiman AS.

Mereka dihukum pada tahun 2006 dengan lima tahun masa percobaan. Tapi itu hanya kemunduran sesaat saja, karena mengacu pada pepatah "Belajarlah Dari Kegagalan", mereka mulai mendirikan kembali perusahaan baru di Kosta Rika, di luar jangkauan hukum AS. Mereka membangun sistem berlapis agar pengguna dengan mudahnya menghapus catatan transaksi, dan tersedianya peluang akan anonimitas yang menjadi jalan mulus bagi para penjahat cyber.

Untuk membuka rekening di Liberty Reserve, kita memang harus memberikan informasi dasar, tapi website tidak meminta apa pun pada kita untuk memverifikasi informasi tersebut. Jadi, hanya berbekal alamat email, dan alamat palsu Ayu Tingting, transaksi tetap lancar. LRS bisa ditransfer ke setiap pengguna Liberty Reserve lainnya, dan pedagang online bisa menerima LRS sebagai pembayaran untuk barang dan jasa.

Apa keuntungan bagi Liberty Reserve? Selain 1 persen Fee, hanya dengan biaya tambahan sebesar 75 sen per transaksi, pengguna sudah bisa menyembunyikan nomor rekening Liberty Reserve mereka. Sangat efektif untuk membuat transaksi yang mereka lakukan tidak terlacak.

Dalam rangka untuk menambah lapisan pengaman mereka, Liberty Reserve tidak memungkinkan penggunanya untuk langsung menarik dana atau menambah dana ke rekening mereka melalui kartu kredit atau wire transfer. Sebaliknya, pengguna harus melalui pihak ketiga (ExChanger), yaitu orang yang membeli LRS dalam jumlah besar dari Liberty Exchange, dan diperdagangkan kepada pengguna individu. Jadi, dengan demikian sistem tidak memiliki database terpusat untuk informasi pengguna, dan tidak menghubungkan pengguna dan rekening dari lembaga perbankan yang sah.

Para terdakwa, termasuk lima orang lainnya, sedang didakwa dengan dua tuduhan konspirasi dan di satu sisi telah mengoperasikan sebuah bisnis pertukaran mata uang ilegal. Selain itu, mereka juga didakwa karena sebelumnya pernah mengklaim untuk menutup situsnya pada tahun 2011, namun masih terus saja beroperasi melalui perusahaan terselubung di seluruh dunia sampai minggu lalu.

Pemerintah Federal AS, berniat untuk melakukan penyitaan lebih dari 6 Miliar Dolar yang diduga telah dikelola melalui Liberty Reserve. Mengembalikan dana tersebut tampaknya akan menjadi perjalanan panjang berikutnya, mengingat pengusutan akan berlanjut kepada rekening Bank seluruh Dunia, seperti rekening bank di Siprus, Spanyol, Maroko, Australia, dan beberapa Bank Lokal yang tercantum di surat dakwaan. Kita tunggu saja kabar berikutnya.