Sabtu, 18 Mei 2013

Filosofi Bisnis Online

Dalam dunia Bisnis Online, kalimat favorit saya adalah "Tanpa kesalahan, kita tidak akan pernah belajar". Tidak ada keraguan lagi bahwa setiap Pebisnis yang serius (Bukan Penjudi), pasti akan bertanggung jawab atas apa yang telah diinvestasikannya, dan sangatlah tidak disarankan untuk menginvestasikan sesuatu yang tidak disiapkan untuk hilang. 

Sangat dianjurkan untuk selalu meng-Anggarkan Resiko setiap kali memulai suatu Bisnis Online dalam bentuk apapun. (HYIP, MLM, PTC, GPT, FOREX TRADING, dll)


Kesalahan utama dari para Pebisnis Online, ialah menghabiskan terlalu banyak dan terlalu cepat. Ini mungkin adalah kesalahan terbesar dari setiap Pebisnis Online. Eforia saat mendapatkan keuntungan besar diawal memulai bisnis, seringkali membuat seseorang lengah dan terlalu bernafsu untuk mendapatkan yang lebih besar lagi. Padahal mengacu pada judul lagu Peterpan, bahwa sesungguhnya semuanya Tidak Ada Yang Abadi, termasuk Bisnis Online.

Kesalahan kedua yang seringkali dilakukan Pebisnis Online, adalah LUPA untuk menguji fungsi WITHDRAW (Penarikan Dana). Dengan iming-iming bahwa Investasi awal dapat menjadi lebih besar lagi dengan cara diinvestasikan ulang, seringkali membuat orang lupa diri untuk mengambil sisi aman dengan cara menarik dana investasinya sedikit demi sedikit. Sebaliknya dengan bernafsunya selalu melakukan langkah menginvestasikan ulang dananya tersebut. 

Mengingat fakta bahwa sebagian besar Bisnis Online cenderung berumur singkat, sikap tersebut sebenarnya tidak masuk akal. Mencari tahu kapan harus mulai menarik keuntungan Anda (Withdraw), adalah lebih merupakan sebuah seni daripada sebuah ilmu. Biasakanlah untuk mengejar BEP dibanding ROI.

Hal penting lain yang perlu diingat dan disikapi secara berimbang, pemilik Bisnis Online manapun pasti memiliki niat baik untuk memajukan bisnisnya, namun sayangnya beberapa diantaranya Gagal untuk mengelola bisnis tersebut dengan baik dan benar, sehingga terpaksa menutup bisnis yang telah berjalan (SCAM). Dengan kata lain, Bisnis Online yang didapati Scam, pada dasarnya tidak pernah dimaksudkan untuk menipu, tapi lebih kepada Kegagalan Strategi Bisnis. 

Namun demikian, bukti empiris yang terbaik menganjurkan kita sebagai pelaku Bisnis Online, untuk selalu merencanakan Strategi Bisnis, berdasarkan skenario terburuk.

Salam Sukses,